Sebaran dan Deskripsi Mata Kuliah
NO. |
KODE |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
TOTAL |
SEMESTER I (SATU) |
12 |
|||
1. |
MKD 050201 |
Studi QURAN |
3 |
|
2. |
MKM 050201 |
Filsafat Ilmu |
3 |
|
3. |
MKD 050203 |
Sejarah Peradaban Islam |
3 |
|
4. |
MKD 050202 |
Studi Hadis |
3 |
|
SEMESTER II (DUA) |
18 |
|||
1. |
MKU 050202 |
Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan di LPI |
3 |
|
2. |
MKD 050203 |
Metode dan Pendekatan Studi Islam |
3 |
|
3. |
MKP 050205 |
Manajemen Konflik |
3 |
|
4. |
MKM 050202 |
Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan |
3 |
|
5. |
MKU 050205 |
Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam |
3 |
|
6. |
MKU 050206 |
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam |
3 |
|
SEMESTER III (TIGA) |
15 |
|||
1. |
MKP 050206 |
Supervisi Pendidikan Islam |
2 |
|
2. |
MKU 050207 | Manajemen Strategik LPI |
3 |
|
3. |
MKU 050203 |
Manajemen Humas Di LPI |
2 |
|
4. |
MKU 050201 |
Manajemen Mutu Terpadi Di Lpi |
3 |
|
5. |
MKU 050204 |
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan |
2 |
|
6. |
MKM 050203 |
Seminar Proposal |
3 |
|
SEMESTER IV (EMPAT) |
6 |
|||
1. |
MKM 050204 |
Tesis |
6 |
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Dasar
- Studi Alquran (MKD 01/ 3 sks)
Mata kuliah ini akan membahas Problematika Studi al-Quran dengan baik, mengaplikasikan metodologi dan pendekatan penafsiran sesuai dengan kapasitasnya serta menghimpun secara tematik dan menafsirkan ayat-ayat tentang manajemen pendidikan.
- Studi Hadis (MKD 02/ 3 sks)
Mata kuliah menyajikan pokok pokok dasar dan landasan dalam memahami hadis sebagai salah satu sumber ajaran Islam. Disamping itu menjadi ilmu dalam meneliti kualitas sebuah hadis.
- Sejarah Peradaban Islam (MKD 03/ 3 sks)
Mata kuliah ini mempelajari proses perkembangan historis umat Islam dalam seluruh aspek kehidupannya, termasuk peradabannya, sejak sebelum Islam datang ke bangsa Arab sampai perkembangan Islam pada masa kini. Pemahaman ini diperlukan untuk mengenal masa lalu, memahami masa kini, dan memprediksi masa yang akan datang, serta dapat digunakan untuk menganalisis lainnya. sebab masa lalu, sebagai acuan dan pedoman serta pelajaran bagi kita untuk melangkah ke masa yang akan datang.
- Pendekatan Pengkajian Islam (MKD 04/ 3 sks)
Merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas Islam dalam berbagai aspek dan pendekatan. Aspek aspek Islam meliputi ajaran dan sumbernya, kelembagaannya, tokoh-tokoh dan kehidupan umatnya. Pendekatan yg digunakan meliputi pendekatan teologis, hiostoris, yuridis, feminis, arkeologis, sosiologis atau antropologis.
Selain itu mata kuliah mengkaji, mengkritisi dan mendiskusikan materi ajar berdasarkan telaah hakikat keberagaman dan subtansi ajaran Islam. Mengimplementasikan materi ajar dengan menghasilakn produk metodologis pemahaman subtasi agama menggunakan pendekatan pilihan yang unggul.
Mata Kuliah Kompetensi Metodologi (MKM)
- Filsafat Ilmu (MKM 01 / 3 sks)
Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, tentang konsep dasar berpikir ilmiah, dan membangkitkan gairah serta semangat mahasiswa agar mampu memperkuat posisi diri mengenai hakekat keilmuan dan hubungannya dengan konsep-konsep dasar manajemen pendidikan. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat klasik dan modern, paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal dan berpikir.
- Metodologi penelitian Manajemen Pendidikan (MKM 02 / 3 sks)
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuantitatif, kualitatif, pengembangan, dan penelitian tindakan) dalam bidang pendidikan dalam arti luas sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas untuk penelitian kuantitatif meliputi: jenis-jenis penelitian, perumusan latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, serta penyusunan usulan dan laporan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian.
- Proposal Thesis (MKM 03 / 0 sks)
Mata kuliah ini memahamkan teori dan tata aturan penulisan Karya Ilmiah, yang ditindaklanjuti untuk membuat Karya Ilmiah khususnya tesis dan makalah sesuai dengan teori dan tata aturan teknik penulisan karya tulis serta mempresentasikan proposal tesis dengan baik dan bertanggungjawab
- Penelitian dan Penulisan Thesis (MKM 04 / 6 sks)
Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu penelitian yang terkait dengan masalah manajemen pendidikan seperti; manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen sumberdaya manusia, kepemimpinan pendidikan, manajemen mutu pendidikan, asesmen dan evaluasi pendidikan, supervisi pendidikan serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan dua oarang pembimbing tesis.
- Karya Ilmiah (Jurnal Nasional Terakreditasi)
Matakuliah Kompetensi Utama (MKU)
- Manajemen Mutu Terpadu di LPI (MKU 01 / 3 sks)
Membahas konsep mutu, control mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan pendidikan mutu, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial. Pengembangan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan.
- Kepemimpinan di Lembaga Pend.(MKU 02 / 3 sks)
Melalui tinjauan historis dan komparatif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori-teori kepemimpinan di lembaga pendidikan. Kajiannya meliputi keefektifan pola kepemimpinan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas lembaga pendidikan dan kepemimpinan, berbagai teori dan asumsi dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektifan lembaga pendidikan, fungsi dan peranan lembaga pendidikan dan kepemimpinan, serta strategi dan taktik dalam memimpin lembaga pendidikan dan personalia pendidikan. Kepemimpinan partisipatif dan mengurai konflik. Penguatan lembaga pendidikan serta kepekaan jender dan minoritas.
- Manajemen Humas di LPI (MKU 03 / 3 sks)
Setiap lembaga pendidikan dituntut untuk bisa memadukan antara kepentingan sosial dengan pendekatan promosi dan pemasaran terhadap nilai keunggulan lembaga. Memadukan kedua hal tersebut merupakan suatu tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan teknik dan cara pengelolaan informasi yang profesional. Hal ini menjadikan humas benar-benar berperan sebagai corong atau mercusuar lembaga, sehingga dipercaya oleh masyarakat dan citra lembaga menjadi terbangun.
Oleh karena itu mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memahami tentang fungsi dan peran humas di lembaga pendidikan, strategi humas dalam membangun citra positif lembaga, teknik dan media pengelolaan informasi yang profesional, dan juga bagaimana membangun hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat. Karena keberhasilan lembaga pendidikan tidak lepas dari dukungan masyarakat. Untuk kompetensi pemahaman itu, mahasiswa juga dibekali dengan teori-teori komunikasi sebagai kunci pokoknya keberhasilan aktifitas humas. Prinsip dan kaidah humas dalam perspektif manajemen pendidikan Islam juga menjadi kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa untuk mendukung konsentrasi keilmuannya, yaitu di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
- Manajemen Budgetting di LPI (MKU 04 / 3 sks)
Menguasai konsep-konsep dasar pembiayaan, teknik perhitungan biaya, kembalian (return), dan penerapannya dalam pendidikan. Membahas tentang karakteristik organisasi nirlaba terutama organisasi pendidikan, pelbagai pendekatan dalam pembiayaan pendidikan, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan dan pengawasan anggaran, dasar legal, dan isu-isu di sekitar pembiayaan pendidikan, serta aplikasinya dalam berbagai jenjang pendidikan. Terampil merumuskan rencana anggaran, memperkirakan pembiayaan perawan dan perbaikan sarana-prasarana pendidikan serta menguasai prosedur dan implementasi penggunaan dana BOS
- Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam (MKU 05 / 3 sks)
Mata kuliah ini memcoba memahamkan konsep dan jenis masalah manajemen pendidikan serta langkah-langkah dalam strategi pemecahan masalah manajemen pendidikan.
- Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (MKU 06 / 3 sks)
Mata kuliah ini Memahamkan berbagai konsep dan teori kurikulum dan pembelajaran yang terkait dengan hakekat, landasan, prinsip, model konsep kurikulum, langkah-langlah pengembangan kurikulum, pelaksanaan, evaluasi dan inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Juga mengembangkan kurikulum pendidikan Islam dengan berpedoman pada berbagai teori dan Kebijakan Kurikulum serta memahamkan berbagai teori, kebijakan dan impelementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah, Madrasah dan Pesantrten dalam bentuk aktivitas yang relevan
- Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan (MKU 07/ 3 sks)
Secara umum manajemen stratejik terdiri dari keputusan dan tindakan manajerial dalam organisasi pendidikan agar dapat mempertahankan kondisi yang menguntungkan. Membahas konsep, proses, dan teknik-teknik manajemen strategik yang mencakup formulasi dan implementasi strategi (seperti perumusan visi dan misi, analisis SWOT, matriks BCG, matriks Hofer, klaster strategi besar, analisis perubahan budaya, dan analisis rasio), serta penerapannya melalui studi kasus dalam manajemen pendidikan. Teori pengembangan sekolah, peran dan fungsi komite sekolah, penyusunan RKS dan RKT
Mata Kuliah Kompetensi Penunjang ( MKP)
- Sistem Informasi Manajemen Pend.*) (MKP 03 /3 sks)
Menguasai konsep rancang bangun (desain) sistem informasi, prinsip dan teknik pengelolaan sistem informasi manajemen, meliputi kedudukan, peran dan fungsi sistem informasi manajemen dalam rangka meningkatkan mutu layanan dan kinerja manajemen dalam administrasi pendidikan. Memahami teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu wahana dan aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan. Faktor dan landasan yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rancang bangun sisten informasi manajemen, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen untuk administrasi pendidikan. Menguasai manajemen aset sarana-prasarana sekolah/pendidikan dan mampu mengaplikasikan sofware manajemen sarana-prasarana serta administrasi akademik pendidikan.
2. Manajemen Pemasaran Lemb. Pend (MKP 04/ 3 sks)
Matakuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21, analisis kesempatan pasar, pengembangan strategi pemasaran, pengambilan keputusan pemasaran, dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, maka pemahaman terhadap teknologi tersebut dalam menunjang dunia pemasaran menjadi sangatlah berarti, seperti e-commerce. Matakuliah ini juga membahas mengenai teori dan konsep pemasaran, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan pemasaran nasional, regional, dan internasioanl. Dalam topic-topik tertentu dibahas tentang Analisis Situasi, Strategi dan ProgramPemasaran, serta Kordinasi dan Pengendalian Pemasaran
3. Manajemen Konflik*) (MKP 05 / 3 sks)
Mengembangkan keahlian dalam mengelola berbagai kepentingan yang menjadi sumber terjadinya konflik melalui berbagai pengembangan pengetahuan tentang dasar-dasar manajemen konflik, realitas konfli dalam berbagai aspek perkembangan manusia, dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut sebagai ketrampilan hidup untuk mengelola konflik sehingga tercipta hubungan damai antarmanusia secara inklusif, toleran dan pluralis.
4. Supervisi Pendidikan Islam (MKP 06 3 sks)
Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pendidikan, mencakup prinsip-prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tatacara perangcangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala-kendala yang ada untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.